Menambal Bagian Vinyl Lantai Yang Robek

Menambal Bagian Vinyl Lantai Yang Robek

Menambal Bagian Vinyl Lantai Yang Robek

Vinyl lantai sebagai pelapis dari area berpijak yang selalu bersinggungan dengan aktivitas kita setiap hari sewaktu – waktu tentu akan mengalami kerusakan. Apalagi jika lapisan ini berada di ruangan yang cenderung dimanfaatkan anak – anak untuk bermain maka otomatis kerusakan lebih rentan terjadi. Kerusakan paling umum yang sering ditemukan para pengguna vinyl adalah kerobekan pada area tertentu.

Terlepas dari segi kualitas terbaik pada produk yang anda pasang tidak bisa dipungkiri bahwa memang kerusakan tersebut tetap beresiko terjadi. Bagian – bagian pelapis lantai yang rawan sobek adalah area dimana diatasnya anda letakan furnitur seperti kursi. Furnitur ini dalam penggunaannya sehari – hari cenderung lebih sering digeser – geser karenanya sangat besar mempengaruhi kondisi permukaan vinyl.

Selain itu jika di rumah ada wanita yang gemar memakai sepatu high heels maka potensi robeknya lapisan lantai semakin bertambah. Lalu apa yang harus anda lakukan ketika pelapis lantai anda robek? haruskah anda menggantinya secara keseluruhan?

Untuk menjawabnya lebih dulu anda harus bisa memperhitungkan seberapa parah lapisan vinyl anda sobek. Jika ternyata kemudian ditemukan bahwa lapisan tersebut mengalami kerusakan sangat parah maka otomatis anda tidak punya pilihan lain kecuali melepaskan semuanya lalu diganti dengan vinyl lantai baru. Di lain kondisi ketika hanya sedikit sekali bagian yang robek tidak mengapa jika anda mencoba untuk menambalnya sehingga kerusakan bisa teratasi serta meminimalisir kemungkinan bertambah parah.

 

Menambal Vinyl Lantai Yang Robek

 

Menambal Bagian Vinyl Lantai Yang Robek

Nah, untuk menambal bagian yang robek tersebut maka anda bisa terlebih dahulu melakukan persiapan alat serta bahan yang diperlukan, terdiri dari:

  • Potongan vinyl dengan motif yang sama sebanyak yang dibutuhkan
  • Pisau atau Cutter yang tajam
  • Pengerik / pisau dempul
  • Sekop kecil berlekuk
  • Lem vinyl
  • Kertas lilin
  • Sekop berlekuk

 

Setelah poin – poin diatas disiapkan maka anda bisa mulai pekerjaan reparasi vinyl lantai dengan merapikan bagian yang sobek. Gunakan pisau atau cutter tajam untuk membuat sebidang area sehingga anda bisa menyesuaikan dengan mudah mencocokan alur dari motif lapisan lantai tersebut. Manfaatkan pengerik untuk membantu anda mengelupas lapisan yang rusak. Jangan lupa kerik juga sisa – sisa lem pada bagian tersebut.

Lanjutkan dengan mengukur luas potongan tambalan yang dibutuhkan. Pastikan pada langkah ini anda memotongnya pada tepi – tepi motif yang bisa menyatu lanyaknya sebuah puzzle. Dengan demikian tidak akan nampak seperti tambalan dan orang lain tidak akan menyadari bahwa bagian tersebut adalah part yang terpisah. Jika sudah langsung saja potong.

Kemudian olesi lem secara merata pada bagian lantai yang anda buka menggunakan sekop berlekuk. Pada bagian tepi area sebaiknya anda benar – benar memastikan bahwa lem telah teroleskan. Dari sini anda bisa yakin bahwa bagian yang baru ditempelkan tidak menonjol dan merekat dengan kuat. Setelah mengoleskan lem rekatkan potongan yang tadi anda siapkan. Ambil kertas lilin dan letakan pada permukaan bagian tersebut lalu taruh pemberat di atasnya. Tunggu beberapa saat hingga anda yakin lem sudah kering kemudian ambil beban tersebut.Bereskan peralatan serta bahan yang tersisa dan pekerjaan manambal lapisan lantai pun selesai.

Tags: